The lost art of conversation

26 Jun

 Sebagai penulis screenplay, ada peraturan umum di mana ketika kita menulis dialog musti di minimaliskan. Malah ada beberapa screenwriter fundamentalis yg berpikir  kalau dialog line melebihi tiga baris maka ini adalah dosa besar karena di mata mereka, penonton akan ketiduran karena musti mendengar dialog berlebihan. Ada juga  writer/director/producer yg insist bahwa karena film adalah medium visual, dialog musti di kurangi atau bahkan di jadikan anak tiri.

Saya tidak mengerti sejak kapan dialog musti di permasalahkan. Saya paham maksud mereka kalau penulis yg coba berdialog banyak bukannya membuat script mereka kuat  tetapi jadi tidak fokus. Saya tahu argumen itu, tetapi menjadikan itu sebagai hukum yg tidak bisa di tawar? No, thank you.

Banyak sekali film-film classic yg menggunakan banyak dialog di film mereka. Film-film sepert His girl friday, It happened one night, A bout de souffle, Annie Hall menggunakan dialog sebagai salah satu kekuatan dari film mereka. Dengan berdialog, aktor bisa menemukan ritme karakter mereka, karena dialog yg bagus dan pintar bisa reveal the mindset of the character secara lebih jelas dan itu membuat karakter menjadi tidak terlupakan. Bagi saya ketika Michel bersembunyi di apartemen Patricia (A bout de souffle) dan mereka berkonversasi  adalah one of the greatest dialog scene in the history of cinema. Percakapan mereka mungkin kelihatannya innocent, witty dan playful, tetapi kalau anda sudah menonton film itu dan menonton ulang lagi bagi saya scene ini sangat heartbreaking karena tanda-tanda hubungan mereka tidak akan mempunyai happy ending sudah ada indikasinya di sini.

Michel & Patricia. A bout de souffle (1960)

Konversasi mereka mengungkapkan bahwa mereka adalah dua karakter yg  bertolak belakang dan sangat beda. Yg satu dreamer-yg satu praktikal, yg satu sensitive- yg satu realist, tetapi mereka bisa menemukan koneksi di mana untuk sesaat  mereka adalah dua manusia yg sedang jatuh cinta dan menemukan sesama. Dan kita sebagai penonton merasakan itu, kita merasakan mereka benar-benar jatuh cinta tetapi masalah besar akan selalu mengikuti mereka. Kita mau mereka berhasil dan pergi berdua riding into the sunset but it ain’t gonna happen….

Scene ini juga bisa di bilang cukup lama, sekitar 10 menit atau lebih. Di era modern, tidak banyak film yg mau berdialog intens secara 10 menit kecuali kalau yg bikin adalah Wody Allen, Tarantino, Paul Thomas Anderson, Judd apatow  atau Lars von trier. Most filmmakers nowadays take the safe way out.

Kalo saya sendiri, itu tergantung dari skill set individu penulis. Kalo memang suka dialog panjang, ya coba latihan terus. mungkin di awal-awal scene yg anda bikin tidak menarik tetapi karena banyak latihan , anda akan menemukan sebuah pattern atau strukur dalam berdialog panjang. Saya tidak masalah film yg berdialog panjang, malah saya cukup suka tetapi memang di butuhkan skill penulis yg cukup tinggi supaya scene itu tidak membosankan. Inti untuk berdialog panjang selalu kembali ke karakter. Dialog reveals who the character is. Apa yg anda ingin komunikasikan tentang karakter anda ke penonton? Apakah karakter anda orangnya lucu, periang, pintar, cerewet, paranoid? Itu semua ada di tangan anda. Bagi saya dialog panjang selalu akan menjadi bagian dari sinema dan di gunakan untuk sebuah style yg unik.

tintascreenplay.com

 

Advertisements

5 Responses to “The lost art of conversation”

  1. Hesperonesia June 28, 2012 at 11:10 am #

    hati-hati lae .. ntar ada About de souffle versi pocong .. hehehe ;p

  2. joegievano June 28, 2012 at 11:52 am #

    Mak! batak modern kali kita. Rokok, kopi kental, ngeblog pula kan? opung pasti setuju dia.

  3. dokisata13 July 4, 2012 at 3:31 pm #

    mana babi panggangnya?

    • joegievano July 4, 2012 at 5:42 pm #

      babi panggang ama kopi kental cocok?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: