The good, the bad and the Breaking Bad

3 Jul

‘Breaking Bad’ adalah salah satu tv seri favorit saya untuk saat ini. Seri ini mempunyai semua elemen dasar yg sangat kuat dalam film making. Cerita solid, karakter kuat, tema yg unik dan eksekusi yg sangat rapih, tetapi yg paling menarik dari semua ini adalah Breaking Bad melawan arus normal cara tv seri bekerja. Biasanya tv seri mempunyai ‘aturan’ di mana karakter utama mereka tidak akan pernah berubah drastis. ‘Aturan’ ini memang sudah ada sejak  tv seri mulai ada di Amerika. Penonton suka dengan sifat dasar tokoh utama tv seri, jadi jika karakter mereka berubah drastis di akhir episode atau season, penonton tidak akan mau lagi menonton tv seri itu. Jika mereka tidak menonton, rating acara itu akan jatuh dan tv stasiun akan kehilangan pendapatan dari iklan. Formula ini sepertinya sudah kekeh di tv amerika sehingga sepertinya aturan ini sakral. Kalau di film layar lebar, perubahan karakter tokoh utama di haruskan karena dengan perubahan itu, cerita menjadi lengkap dan penonton mengerti maksud dari cerita.

Breaking Bad memutar balikan konvensi cara kerja karakter utama di tv seri , walaupun acara ini di cable amc dan mereka tidak tergantung kepada iklan tv tetapi untuk cable tv pun konsep ini cukup ground breaking. Basic cerita Breaking Bad adalah seorang guru kemistri yg mengajar di sebuah sekolah sma bernama Walter White. Walter tiba-tiba terkena kanker paru-paru dan di estimasi hidup tinggal enam bulan saja. Untuk menghidupi keluarganya, Walter bertekad untuk menjadi pembuat narkoba crystal meth di mana dia bisa membuat uang banyak dalam waktu singkat, sehingga ketika dia meninggal, dia bisa meninggalkan uang untuk keluarganya. Dia ketemu dengan salah satu bekas muridnya, Jesse Pinkman, seorang drug dealer kecil-kecilan di mana mereka berdua sepakat untuk menjadi partner untuk sesaat. Walter membuat crystal meth, Jesse yg menjualnya.

Di sini cerita mereka menjadi sebuah perjalanan ke dunia gelap di mana mereka musti ketemu dengan kriminal-kriminal dan karakter-karakter yg mempunyai nilai-nilai moral yg perlu di pertanyakan. Yg membuat tv seri ini beda dengan yg lain adalah, kita melihat perjalanan Walter dari seseorang guru kemistri  culun yg mempunyai norma-norma moral  standard menjadi seorang criminal mastermind yg bisa melanggar kode etik/moral. Dari seorang protagonis menjadi antagonis. Yg saya maksud antagonis adalah bukan versi antagonis yg dia seorang anti-hero tetapi masih di bilang good guy. Walter menjadi seorang antagonis yg mempunyai karakter kompleks di mana dia selalu mencoba untuk membuat sesuatu yg menurut dia benar tetapi hasilnya selalu berakibat fatal untuk orang lain. Karakter Walter sangat manusiawi dan saya berpikir kalau kita berada di posisi dia, pasti banyak juga orang-orang yg memilih jalan seperti dia.

Breaking Bad adalah salah satu tv seri yg mengekplorasi dunia hitam tetapi tidak menghakimi setiap karakter kalau mereka hitam atau putih dengan tangan dingin. Setiap karakter akan selalu berada di area abu-abu. Penonton bisa melihat karakter yg jahat tidak selalu di motivasikan oleh kemauan untuk menjadi penjahat dan karakter yg baik juga bisa menjadi korup, malah bisa lebih kejam dari karakter yg biasanya penjahat. Kompleksnya karakter seperti Walter dan Jesse membuat perjalanan mereka menjadi cerita yg tidak gampang di tebak, penuh dengan twist dan revelation tetapi tidak pernah kehilangan humanisme mereka dan ini  menjadikan Breaking Bad salah satu tv seri terbaik untuk saat ini. Watch it and prepare your moral values to be questioned. How far would you go?

tintascreenplay.com

 

Advertisements

4 Responses to “The good, the bad and the Breaking Bad”

  1. sabai95 July 4, 2012 at 6:46 am #

    Interesting! Is it still on TV? Which channel? or for practival reasons, should i just get the boot legged dvd?

Trackbacks/Pingbacks

  1. BREAKING BAD | kratos - November 25, 2013

    […] Credit : https://joegievano.wordpress.com/2012/07/03/the-good-the-bad-and-the-breaking-bad/#comments […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: