Arti dari Donnie Darko

24 May

Donnie Darko (2001)

 

Kadang-kadang ada sebuah film yg tidak bisa di kategorikan atau di simpulkan dengan mudah. Mungkin karena film itu mempunyai cerita yg tidak bisa ketebak atau mempunyai nuansa yg tidak ‘nyaman’ atau aneh sehingga membuat reaksi “What the fuck?” atau karena mempunyai cerita yg sangat orisinal dan belum kita lihat di film lain sehingga film itu menjadi inovator atau pencetus sebuah model cerita baru.

‘Donnie Darko’ adalah salah satu film cult orisinal yg memenuhi semua syarat yg telah saya sebutkan. Pertama kali saya nonton ‘Donnie Darko’ saya tidak bisa menaruh film itu di box yg sudah ada karena filmnya memang sangat unik. Film-film dari David Lynch atau David Cronenberg memang terkenal dengan keanehannya tetapi ‘Donnie Darko’ mempunyai keanehan tersendiri karena sutradara Richard Kelly adalah sutradara dari generasi baru yg dengan pintar ngemix genre dengan cerita-cerita yg cukup familiar tetapi mempunyai tonasi atau warna yg beda. Apa maksud dari ‘Donnie Darko’? Apakah ini film black comedy? Film tentang ‘coming of age story’? Dark high school comedy? Sci-fi? Horror? Thriller? Time travel? Menurut saya ‘Donnie Darko’ mencakupi semua itu.

Film ambisius ini telah menjadi film cult yg mempunyai banyak arti untuk setiap individu. Mereka bisa memberikan interpertasi sendiri-sendiri tentang maksud dari film itu. Masalahnya dengan konsep ini adalah karena setiap orang mempunyai makna sendiri-sendiri arti orisinal dari cerita ini akan hilang dengan interpertasi penonton. Kadang-kadang saya ingin mengetahui dengan jelas apa maksud dari pembuat film itu? Untungnya Richard Kelly dengan terbuka memberikan penjelasan arti dari ‘Donnie Darko’ dan tidak menjadi sok figur misterius ala David Lynch.

Ok, bagi yg tidak ingin tahu atau belum nonton harap jangan baca lagi karena mengandung spoiler.

Tema utama dari ‘Donnie Darko’ adalah parallel universe atau dunia paralel di mana ada dua dunia yg tiba-tiba muncul bareng dan Donnie di pilih untuk menormalkan kembali keadaan itu. Kemunculan dua dunia tidak di jelaskan kenapa terjadi karena fenomena acak bisa saja terjadi. Yg terjadi di film adalah sesuatu fenomena yg menyebabkan terjadinya korupsi di waktu pada tgl 2 oktober yg menyebabkan munculnya dunia paralel. Cerita film 28 hari ke depan di mulai di dunia paralel bukan di dunia yg utama.

Ketika dunia paralel tercipta, ada sebuah obyek aneh yg muncul dan obyek ini adalah mesin pesawat yg tiba-tiba jatuh di ruman Darko. Mesin pesawat ini sebenarnya adalah sebuah glitch di mana ketika dunia paralel tercipta terjadi tiga copy (seharusnya dua, satu di dunia nyata, satu di dunia paralel). Copy yg ketiga muncul/jatuh di rumah Donnie. Terjadinya copian ketiga mengakibatkan dunia tidak stabil dan terancam bisa menghancurkan dunia nyata dan paralel. Cara untuk menormalisasi dunia adalah dengan membuang mesin melalui portal ke dunia nyata sehingga hanya dunia paralel yg hancur.

Donnie di pilih untuk menormalkan dunia. Dia mendapatkan kekuatan seperti menjadi kuat, mempunyai mind control, bisa mendatangkan api atau air dan mempunyai telekinesis. Darko menggunakan kekuatan untuk menjebolkan pipa air di sekolah, dia menggunakan api untuk membakar rumah Jim Cunningham, dia membanjiri sekolah untuk membuat portal dari air, dia menggunakan telekinesis untuk mengirim mesin pesawat ke portal. Awalnya Donnie tidak mengerti kenapa dia memiliki power-power ini.

Donnie di bantu oleh ‘orang mati yg di manipulasi’ seperti Frank. Frank dengan baju kelincinya yg ikonik adalah seorang yg powerful yg bisa bergerak melalui waktu dan berkomunikasi dengan Donnie. Di awal film dia menyelamatkan Donnie dari kematian ketika mesin pesawat jatuh di kamar Donnie. Sementara ‘orang hidup yg di manipulasi’ adalah semua karakter-karakter hidup yg di desain untuk mengarahkan Donnie ke takdirnya, menyelamatkan dunia. Richard Kelly menggunakan simbolisme religius untuk memberi kesan bahwa Tuhan yg memanipulasi orang yg mati/hidup untuk menolong Darko dengan misinya.

Frank memberitahu Donnie untuk membanjirkan sekolah sehingga membuat reaksi berantai di mana Donnie berjalan kaki dengan Gretchen dan dia mengajak Gretchen untuk menjadi pacarnya. Ini bukan kebetulan, kejadian ini sengaja di desain supaya Donnie bisa memenuhi takdirnya. Ketika Gretchen mati oleh Frank, Donnie menjadi marah dan menembak mati Frank di matanya sehingga membuat siklus kejadian di mana Frank ‘mati’ bisa balik waktu di awal untuk menyelamatkan Donnie dari timpaan mesin pesawat.

Donnie sudah menjadi buronan, pacarnya sudah mati dan dia sudah putus asa tetapi akhirnya dia sudah mengerti dengan mengirim mesin pesawat ke portal, dunia dan Gretchen akan selamat lagi. Kejadian 28 terakhir akan terhapus dan dunia akan menjadi normal lagi. Donnie bangun di realita yg sebenarnya, tertawa karena sudah berhasil dengan misinya dan dia merasa tidak takut lagi karena sudah merasa dekat dengan Tuhan. Mesin pesawat yg dia kirim dari dunia paralel akhirnya muncul di dunia nyata dan jatuh di kamar Donnie, membunuhnya….tetapi dunia selamat.

Mendapatkan arti sesungguhnya dari film ini memberikan jawaban solid dari misteri yg cukup kompleks karena mempunyai awal dan akhir yg jelas. Di era film misteri yg mayoritas tidak ‘kena’ misterinya atau filmnya sok terlalu misterius sehingga penonton tidak merasa puas, ‘Donnie Darko’ memberikan nuansa baru di mana jawaban misteri sebuah film yg berkualitas bukan sesuatu yg sakral tetapi menjadikan cerita yg tidak terlupakan. Bukankah karena itu kita menonton film?

tintascreenplay.com

Advertisements

6 Responses to “Arti dari Donnie Darko”

  1. finesa June 10, 2013 at 1:19 am #

    maksudnya dunia selamat disini tuh apa ya? justru saya berinterpretasi bahwa dalam dunia paralel dia bisa melihat masa depan yaitu Gretchen tewas, tapi dia memilih dia yang tewas agar Gretchen tidak tewas.

    lalu point “Donnie bangun di realita yg sebenarnya, tertawa karena sudah berhasil dengan misinya dan dia merasa tidak takut lagi karena sudah merasa dekat dengan Tuhan.” itu misinya darimana? mengikuti buku time travel kah? atau ini seperti film Donnie Darko mencari sosok Tuhan saja?

    Makasih 🙂

  2. koteka June 9, 2014 at 2:35 am #

    Dan maksudx orang2 yang bgun seperti si frank setelah donnie tertimpa jet dan terlihat shock it apa?? Dari yg sya tgkap brarti mereka mengikuti perjalanan donnie.. Film ini tdak sesimpel jawabn anda…

    • joegievano June 9, 2014 at 8:32 pm #

      Ketika Donnie tertimpa jet dan mati, dunia kembali normal sehingga dunia paralel tidak terjadi makanya Frank bangun dan dia tidak mati karena itu hanya terjadi di dunia paralel. Ini bukan jawaban saya, ini jawaban dari sutradaranya langsung.

  3. agielbagoes August 23, 2014 at 6:19 am #

    “What’s the point of living if You don’t have a dick?”; -Donnie Darko

    😀

  4. Kurniansyah Asep January 11, 2016 at 3:00 pm #

    Donnie: “Why are you wearing that stupid bunny suit?”

    Frank: “Why are you wearing that stupid man suit?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: