21 aturan Pixar dalam membuat cerita

13 Dec

Keunikan Pixar dalam membuat film-film animasi sukses membuat banyak pihak penasaran apa rahasia mereka? Kebanyakan pihak berpendapat, sukses mereka karena inovasi Pixar di teknologi animasi tetapi  hal yg paling sering di lewatkan justru kepedulian Pixar kepada hal yg paling mendasar di pembuatan film, pembuatan script.

Bagi Pixar, cerita lebih penting daripada inovasi teknologi karena mereka mengerti, jika film mereka tidak bisa menyentuh penonton secara emosional-seberapa pun canggihnya animasi mereka, film mereka akan gagal. Obsesi Pixar untuk membuat cerita sebagus-bagusnya menjadi legendaris, mereka membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat screenplay bahkan tidak kalah lamanya dengan pembuatan segi teknis animasi. Dari pengalaman mereka hampir tiga dekade, mereka mempunyai  21 aturan dalam pembuatan cerita. 21 aturan ini adalah hasil dari proses gabungan antara pengalaman penulis, sutradara, produser yg bekerja di Pixar dan campuran ilmu aturan penulisan screenplay yg sudah ada.

1. Anda lebih menyukai karakter anda karena mereka terus mencoba untuk sukses dari pada kesuksesan mereka.

2. Apa yang menarik bagi penonton belum tentu menarik bagi penulis, dua hal ini sangat beda.

3. Mencari tema adalah sangat penting, tetapi kamu tidak bisa melihat itu sampai akhir cerita. Sekarang tulis ulang lagi.

4. Suatu waktu lalu ada___. Setiap hari,___. Suatu hari___. Karena itu, ___. Karena itu, ___. Sampai akhirnya ___.

5. Buat cerita simpel. Fokus. Edit hal yg bertele-tele. Anda musti keji.

6. Karakter kamu jago di hal apa? Mereka nyaman di situasi apa? Lemparkan mereka di situasi yg bertolak belakang. Kasih mereka rintangan. Apa reaksi mereka?

7. Cari tau akhir cerita anda sebelum anda memikirkan bagian tengah. Serius. Akhir cerita susah sekali, kerjakan ini dulu.

8. Kelarin cerita anda. Lepaskan walaupun tidak sempurna. Di dunia sempurna, anda mempunyai dua-duanya tapi anda musti move on. Lain kali bikin lebih bagus.

9. Ketika anda sedang kehabisan ide di satu scene, buat sebuah list di mana hal itu tidak masuk akal untuk scene itu. Suatu waktu, list itu bisa membantu anda di scene-scene berikutnya.

10. Tarik elemen yg paling anda suka dari cerita anda karena ini bagian dari diri anda, anda musti mengenalinya sebelum anda menggunakannya.

11. Mengeluarkan ide di atas kertas lebih penting daripada di tinggal di pikiran anda karena bisa lebih di perbaiki dan di share.

12. Hilangkan habit menulis- apa yg terlalu gampang ketebak. Coba ide ke dua, tiga, empat, lima…kejutkan diri anda.

13. Berikan karakter anda opini kuat. Karakter terlalu pasif mungkin mudah di tulis karena anda suka tetapi menjadi racun ke penonton.

14. Kenapa anda musti menulis cerita INI? Apa yg membuat anda membara-bara untuk menulisnya? Ini intinya.

15. Kalau anda adalah karakter anda, di situasi ini, apa perasaan anda? Kejujuran bisa membuat cerita masuk akal, walapun di situasi yg tidak normal.

16. Apa taruhannya? Kasih kita alasan kenapa kita musti dukung karakter anda. Apa yg terjadi jika mereka gagal? Buat situasi mereka sulit.

17. Menulis bukan usaha sia-sia. Jika tidak berhasil, jalan terus dan kembali lagi nanti.

18. Anda musti tahu diri anda: perbedaan antara membuat yg terbaik dan terlalu khawatir dengan detail-detail kecil.

19. Kejadian kebetulan untuk membuat karakter anda dalam masalah adalah bagus, kejadian kebetulan untuk membuat mereka keluar dari masalah adalah curang.

20. Latihan: Cari sebuah film yg anda tidak suka. Sekarang apa yg ingin anda rubah supaya anda SUKA film itu?

21. Apa esensi cerita anda? Jika anda bisa menjelaskan semua poin cerita penting anda dalam tiga kalimat dan membuat orang tertarik, anda di jalur yg benar.

tintascreenplay.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: